Tuesday, January 11, 2011

3dsMax Bab I

Bagian I
1. Mengenal lingkungan dan tool - tool dasar 3DsMax
   - Dalam bagian ini, anda akan belajar:
   - Mengenal Lingkungan 3DsMax
   - Mengenal Fungsi Tombol Create
   - Mengenal Fungsi Tombol Modify
   - Mengenal Lingkungan 3DsMax


                            Gambar 1.1. ini adalah lingkungan dari 3DsMax

      Di bab – bab ini pada Latihan – Latihan 3DsMax Part 1. kita akan belajar bagaimana membuat obyek modeling. Nah disini kami akan memperkenalkan bahwa Komponen – Komponen yang akan sering digunakan untuk keperluan modeling tersebut sambil mempraktek kegunaannya( Jadi istilahnya Sambil Menyelam minum air).
       Mengenal fungsi tombol Create
Tombol ini biasa kita temukan di bagian panel komponen. Di tombol ini kita akan menemukan bagian bagian dari tombol Create diantaranya : Geometry  , Shapes , Lights , Cameras , Helpers , Space Warps , dan yang terakhir adalah System
 telah sebutkan diatas Bahwa di tombol create ada beberpa bagian diantaranyanya geometry, namun geometry masih memiliki beberapa bagian diantaranya adalah Standart Primitif , Extended Primitif, Compound objets dan lain lainnya Seperti tertera dalam gambar 1.2.
 

      Gambar 1.2. Expand combo dari tombol Geometry

      
      Mengenal fungsi tombol Modify
Di tombol ini kita menjumpai fungsi – fungsi diantara , merubah nama obyek, merubah warna obyek, mofikasi ukuran, segment dan memberikan efek pada obyek. Jadi untuk sementara kita mengenal 2 tombol itu saja yaitu Create dan Modify karena pada pertemuan bab I kita akan sering menggunakan tombol – tombol tersebut sementara tombol yang lain kita akan pelajari sambil jalan. Deal !!